Cara mengawetkan stroberi

Stroberi adalah buah manis yang cepat membusuk, dan dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara mengawetkan stroberi. Stroberi adalah buah yang sangat dihargai dalam penganan dan gastronomi pada umumnya. Stroberi adalah buah yang lembut jika dipegang dan harus diawetkan, karena mudah busuk dan rusak. Untuk alasan ini, kita terkadang berpikir dua kali untuk membeli banyak stroberi.

Jadi jika stroberi adalah favorit Anda dan Anda ingin menikmatinya setiap saat sepanjang tahun, Anda akan menyukai artikel ini. Di howtobeagourmand kami akan mengungkapkan rahasia agar Anda tahu cara mengawetkan stroberi dan tetap segar selama mungkin. Ini adalah yang harus terus anda baca hingga selesai!

Cara mengawetkan stroberi segar

Meskipun para profesional dalam keahlian memasak lebih suka merekomendasikan penggunaan stroberi segar, kami tidak selalu dapat menyiapkan atau mengkonsumsinya pada hari yang sama. Jika kita ingin mengawetkan stroberi (baik untuk jangka pendek atau panjang), hal terpenting adalah memperhitungkan empat faktor yang mempercepat penuaan bahan makanan ini: panas, penanganan, transportasi, dan kelembaban. Jika kita mengendalikan keempat aspek ini, kita dapat memanipulasi durasi umur stroberi.

Cara mengawetkan stroberi segar
Sumber foto : Pexels

Jika Anda ingin membuat stroberi tetap segar untuk jangka waktu 8 hari atau lebih, Anda dapat mempelajari cara mendinginkan stroberi dengan benar dalam langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:

  1. Tutupi bagian dalam wadah besar dengan kertas penyerap. Pastikan itu menutupi semua dinding wadah.
  2. Tinjau dan pilih stroberi terbaik. Pisahkan yang dalam kondisi buruk atau rusak parah. Untuk stroberi yang sudah busuk atau rusak, anda dapat menggunakannya pada hari yang sama untuk membuat smoothie atau selai.
  3. Jangan mencuci stroberi yang sudah Anda beli, atau memotong batangnya, karena hal itu dapat mempercepat proses pembusukan stroberi.
  4. Jika lembab, keringkan setiap stroberi dengan kertas penyerap dan berhati-hatilah agar tidak memar.
  5. Tempatkan stroberi dalam wadah. Biarkan mereka memiliki ruang antara satu sama lain dan jangan ditumpuk. Jika perlu, cari wadah lain untuk menyimpan yang tidak segar.
  6. Tutupi dengan dua lembar kertas penyerap atau handuk kertas.
  7. Pasang tutup pada wadah tanpa menutupnya sepenuhnya sehingga udara dapat bersirkulasi. Taruh di kulkas.
  8. Saat Anda menggunakan setiap stroberi, cucilah dengan sangat baik. Anda bisa melakukannya dengan larutan cuka dan air, tetapi jangan membuang daun atau batangnya saat dibersihkan.

Cara Membekukan Stroberi

Untuk mengawetkan stroberi selama sekitar 6 bulan, idealnya adalah membekukannya. Namun, hasil buatan sendiri tidak sama dengan yang industri, karena metode industri menggunakan kejutan panas dingin (yaitu membekukan buah dari luar dengan cepat), yang menjaga nutrisi dan kualitas organoleptik buah.

Namun, jika Anda perlu membekukan stroberi, Anda bisa melakukannya sirumah anda sendiri. Meski tidak optimal, hasilnya masih bisa diterima. Anda dapat menggunakan dua metode berbeda untuk mencapai ini:

  1. Pisahkan stroberi yang keras dari stroberi yang lembut. Cadangan secara terpisah dan gunakan yang busuk dan rusak untuk hari yang sama. Tangani stroberi dengan hati-hati dan sentuh sesedikit mungkin.
  2. Jangan mencuci stroberi yang akan Anda bekukan, atau memotong batangnya. Keringkan untuk menghilangkan sisa-sisa kelembaban.
  3. Tutup wadah dengan aluminium foil dan letakkan stroberi di atas aluminium foil, pisahkan dengan baik dan tanpa menumpuknya.
  4. Tutup nampan dengan aluminium foil sehingga tertutup rapat. Masukkan ke dalam freezer selama 1 hingga 4 jam hingga stroberi beku.
  5. Saat beku, masukkan stroberi ke dalam tas freezer khusus dan tutup.
  6. Labeli tas dengan tanggal saat Anda masukkan ke dalam freezer.
  7. Masukkan tas ke dalam freezer dan Anda bisa menyimpan stroberi selama 6 bulan.
  8. Saat Anda menggunakannya, cuci dengan larutan cuka dan garam atau dengan pemutih.

Metode kedua adalah menambahkan sedikit cuka ke setiap stroberi sebelum membekukannya untuk membantu mempertahankan khasiatnya.

Cara mencairkan stroberi

Sama pentingnya dalam mengetahui cara membekukan stroberi dengan benar dan cara mengawetkan stroberi, juga penting untuk mengetahui cara mencairkannya. Jika Anda melakukannya dengan salah, Anda akan kehilangan semua pekerjaan yang telah anda lakukan pada saat membekukannya, karena mereka dapat kehilangan sifat organoleptiknya. Jangan khawatir, mencairkan stroberi sangat sederhana, cukup ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pindahkan stroberi dari freezer ke kulkas. Tunggu sampai mereka mencair sedikit demi sedikit (dalam satu jam atau lebih). Dengan demikian, kehilangan manfaat dari stroberi dapat diminimalisir.
  2. Cuci stroberi dengan sangat baik, meskipun menanganinya dengan hati-hati. Jaga batang saat Anda membersihkannya.
  3. Buang batang dan daunnya dari stroberi. Potong sesuai keinginan Anda dan gunakan untuk resep yang anda sukai.
  4. Konsumsi stroberi segera atau setelah beberapa saat. Setelah mencairkan buah, proses penuaan menjadi lebih cepat, jadi lebih baik Anda mengkonsumsinya sesegera mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here