Cara mengeringkan buah

Dehidrasi buah dapat menjadi memperlakukan sehat atau makanan ringan untuk anak-anak dan orang dewasa, karena kita tidak bisa hanya merasakan mereka saja, tetapi disertai dengan sereal, granola, smoothies, energy bar, makanan penutup dan salad. Selain itu, mereka juga berfungsi untuk menilai keasaman pasta dan saus daging, serta untuk menggantikan gula rafinasi dalam resep lain.

Di sisi lain, buah-buahan kering adalah cadangan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi di kamp, ​​kunjungan, kegiatan olahraga, bioskop atau situasi darurat. Serta untuk camilan, camilan, di antara waktu makan atau ketika Anda merasa menyukainya.

Selain itu, mendehidrasi buah melalui cerita kita bisa menjadi tugas yang sangat bermanfaat, karena itu bukan tugas yang rumit dan memungkinkan kita untuk mengetahui asal dan isi makanan kita. Untuk alasan ini, di RecetaGratis kami membagikan kepada Anda beberapa metode mudah sehingga Anda tahu cara mendehidrasi buah di rumah dan tanpa komplikasi.

Metode dehidrasi buah

Mungkin pengeringan makanan adalah salah satu metode pengawetan terbaik yang ada, karena itu sangat menghargai esensinya: nutrisi, bau, rasa dan tekstur. Semua ini tanpa menambahkan bahan kimia tambahan (setidaknya dalam metode non-industri).

Pengeringan atau dehidrasi hanya melibatkan menghilangkan kelembaban dari makanan untuk mencegah aktivitas enzim dan perkembangan mikroorganisme. Akibatnya, makanan memperoleh stabilitas mikrobiologis dan kimia.

Jika proses dehidrasi dilakukan dengan benar dan suhu serendah mungkin (40-55 ° C) digunakan, makanan akan mempertahankan semua nilai gizi dan karakteristik organoleptiknya (warna, tekstur, rasa dan bau). Karena alasan ini, sebagian besar buah-buahan kering mengandung serat dan potasium yang tinggi, selain mineral dan vitamin lainnya.

Meskipun dehidrasi adalah metode leluhur dari pengawetan makanan, kini dehidrasi telah banyak disempurnakan, berkat kemajuan teknologi yang memungkinkan proses yang lebih sehat dan lebih efisien. Di sini kami menyebutkan metode pengeringan makanan yang paling populer:

  • Pengeringan oven atau dehidrasi
  • Pengeringan dengan microwave
  • Dehidrasi di bawah sinar matahari
  • Pengering listrik
  • Dehidrator listrik
  • Pengering surya
  • Dehidrator dalam oven matahari

Tips dan cara mengeringkan buah dengan benar

Terlepas dari metode dehidrasi yang Anda gunakan, ada beberapa teknik dan trik yang akan membantu Anda mencapai hasil yang diinginkan ketika mencoba mendehidrasi buah di rumah. Perhatikan dan terapkan dalam situasi apa pun:

Pilih buah terbaik

Mereka harus buah segar dan memiliki titik kematangan yang sesuai. Pilih mereka tanpa memar atau bagian yang rusak.

Potong potongan tipis dengan ketebalan yang sama . Dengan demikian, mereka akan mengalami dehidrasi secara merata. Buang biji dan lebih banyak bagian berserat. Anda dapat memotong makanan dengan mandolin karena memberikan potongan yang bersih dan akurat. Sebaliknya, buah yang sangat kecil lebih baik mengalami dehidrasi. Jika Anda memotongnya dengan pisau, itu harus menjadi potongan 0,5 hingga 3 cm.

Siapkan buah sebelum dikeringkan

Meskipun langkah ini opsional, jika Anda melakukannya, Anda menghilangkan enzim atau mikroorganisme apa pun yang mempercepat oksidasi makanan. Untuk menghindari berkarat dan meningkatkan presentasi akhir mereka, letakkan dalam mangkuk dengan 1 liter air dan 100 ml lemon selama 10-15 menit.

Setiap nampan atau rak yang Anda isi harus berisi buah yang sama (jika stroberi, stroberi saja). Setelah kering, Anda harus mendinginkannya selama 60 menit.

Gunakan hanya satu jenis buah

Gunakan rak atau nampan untuk menempatkan buah-buahan. Atur irisan buah berdampingan, membentuk satu lapisan. Jangan menumpuknya agar udara panas bisa mengalir.

Pilih potongan terbaik

Pilih potongan kualitas: mereka harus memiliki warna yang tepat dan tidak menghadirkan penampilan aneh.

Setelah Anda memilih karya terbaik, pantau untuk waktu tambahan. Nasihat ini opsional tetapi sangat dianjurkan, karena menjamin buah tersebut berkualitas dan tahan lama . Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Isi tabung gelas dengan potongan buah hingga 2/3 dari kapasitasnya.
  2. Kocok botol sekali sehari selama 7 hari. Kelembaban residual akan didistribusikan secara merata di antara potongan kering.
  3. Periksa apakah kondensasi muncul dalam tabung, karena ini akan menunjukkan bahwa pengeringan tidak lengkap. Jika ini masalahnya, keringkan kembali potongan dengan metode dehidrasi pilihan Anda.

Pengawetan buah-buahan kering

Simpan buah kering dalam botol kaca kedap udara. Setelah penuh, letakkan botol di tempat yang kering dan bersih, tanpa kelembaban atau perubahan suhu mendadak. Dengan demikian, Anda terhindar dari rehidrasi makanan yang mengalami dehidrasi. Anda dapat menambahkan minyak ke beberapa makanan seperti tomat kering, karena memiliki kualitas untuk meningkatkan rasa dan tekstur.

Beri label pada toples sehingga Anda memiliki cek pada tanggal Anda mulai melestarikannya, buah akan bertahan antara 6 bulan dan 1 tahun . Semakin sedikit air yang tertahan dan semakin sedikit agen luar, semakin lama mereka bertahan.

Menghidrasi buah-buahan saat menggunakannya

Ini tergantung pada kasingnya, misalnya, jika makanan kering digunakan pada koki panjang, Anda tidak perlu melembabkannya, karena makanan tersebut terhidrasi selama memasak. Sebaliknya, jika Anda menggunakan potongan kering pada koki pendek atau menambahkannya ke salad, Anda harus membiarkannya meresap sehingga dapat memulihkan air yang hilang selama dehidrasi.

Langkah ini opsional, Anda dapat menikmati buah kering tanpa melembabkannya.

Cara mengeringkan buah-buahan dalam oven

Mengeringkan buah dalam oven adalah pilihan yang mudah, higienis, dan mudah diakses untuk semua orang. Satu-satunya masalah dengan metode ini adalah bahwa tidak semua oven rumah menangani suhu rendah (persyaratan penting untuk mengeringkan makanan). Either way, jika Anda mengikuti trik berikut, Anda dapat menemukan cara mengeringkan buah-buahan di rumah dan mencapai hasil yang efektif:

Cara mengeringkan buah dalam oven

  1. Belok yang oven pada suhu 40-47 ° C. Penting untuk mengetahui sebelumnya bagaimana oven Anda berperilaku, karena tidak ada oven rumah tangga yang sama dengan oven lainnya. Matikan oven saat mendekati 47 ºC. Suhu mulai dari 55-70 ºC menghancurkan nutrisi.
  2. Gunakan termometer. Ini adalah cara terbaik untuk mengontrol suhu di oven rumah. Anda hanya perlu mengatur termostat ke minimum dan, setelah mencapai 45 ºC, letakkan baki buah yang ingin Anda dehidrasi.
  3. Biarkan pintu oven terbuka sedikit. Bukaan harus antara 5 hingga 10 cm, sehingga Anda membiarkan kelembaban keluar dan mengontrol suhu.
  4. Jika oven memiliki kipas, gunakan itu. Dengan demikian, aliran udara konstan akan mengeringkan irisan tipis dan buah kecil lebih cepat.
  5. Tempatkan kipas angin di depan oven. Anda akan memilih keluarnya udara panas (langkah ini opsional).
  6. Balikkan potongan buah setiap 20 hingga 30 menit untuk memastikan pengeringan merata. Gunakan penjepit dapur.
  7. Jika buah terlihat kering, sudah siap. Total waktu dehidrasi potongan tergantung pada beberapa faktor: jumlah air yang dikandung buah, ukuran irisan, suhu oven dan tingkat kelembaban di udara. Namun, untuk referensi, rata-rata 2-4 jam dapat dihitung atau sampai kering.

Setelah siap, Anda dapat menikmati beberapa keripik buah kering yang lezat .

Cara mengeringkan buah-buahan dalam microwave

Jika Anda perlu dehidrasi banyak buah, Anda akan menyukai metode ini, karena menghemat banyak waktu. Ya, microwave memberi Anda hasil yang hampir segera tetapi Anda harus menonton pengeringan, jika buah tidak bisa terbakar. Dengan itu, ikuti saja langkah-langkah ini:

  1. Pilih buah yang berkualitas . Segar, pada titik pematangan ideal dan tanpa penyalahgunaan yang jelas.
  2. Cuci dan keringkan dengan sangat baik (Anda bisa menggunakan kertas dapur, jenis penyerapnya).
  3. Potong menjadi irisan tipis . Pilih hanya satu jenis buah untuk setiap batch pengeringan.
  4. Tempatkan irisan buah di atas piring yang aman microwave (atau di atas meja kaca microwave yang sama). Bagikan mereka tanpa menumpuknya.
  5. Setel microwave sekitar 30 atau 45 menit (waktu tergantung pada buah, kelembaban, dan ukuran). Pilih fungsi defrost, untuk menghindari pembakaran.
  6. Simpan buah yang mengalami dehidrasi dalam botol kaca atau kemasan vakum.

Tip: Dengan menghidrasi buah kering, ia memulihkan kualitas organoleptiknya.

Cara mengeringkan buah di bawah sinar matahari

Keuntungan utama dari dehidrasi buah di bawah sinar matahari adalah bahwa Anda tidak akan membutuhkan lebih banyak alat daripada lingkungan untuk melakukannya. Kerugiannya adalah kekeringan kehilangan kualitas, karena kebersihan yang buruk dan kontrol iklim. Bagaimanapun, dehidrasi buah di bawah sinar matahari masih merupakan metode yang efektif, jadi jika Anda ingin mencobanya, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Cuci buah sampai bersih dan keringkan dengan baik (gunakan kertas dapur, lebih disukai penyerap).
  2. Paparkan irisan buah ke matahari dan angin dalam celah untuk membiarkan angin bersirkulasi.
  3. Tutupi irisan dengan kelambu atau kasa halus untuk mencegah serangga. Sangat penting bahwa buah menerima sinar matahari dan udara langsung.
  4. Balikkan setiap 12 jam .
  5. Temperatur sekitar harus sekitar 29 ° C.
  6. Jika buah terlihat kering, sudah siap . Diperlukan 2-5 hari untuk mengalami dehidrasi total.

Tip: Anda dapat membuat kisi-kisi dengan kelambu.

Cara mengeringkan buah dengan dehydrator

Dehidrator adalah alat yang dibuat khusus untuk mengeringkan makanan, dengan cara yang sepenuhnya terkontrol. Meskipun memperoleh dehidrator menyiratkan memiliki satu alat lagi di rumah, itu juga memberikan daftar besar keuntungan yang datang dari desain khusus:

  • Hindari variabilitas iklim.
  • Memastikan kebersihan.
  • Ini memungkinkan Anda untuk memilih tekstur yang berbeda (renyah, keripik, kerupuk atau tekstur lunak).
  • Ini mengkonsumsi sedikit listrik.
  • Ini memiliki kegunaan kuliner lainnya.
  • Hindari bahan kimia tambahan.
  • Buah-buahan kering, sayuran, ikan, dan daging.

Meskipun alat ini menawarkan Anda keuntungan, langkah-langkah penting untuk mengeringkan makanan tetap sama seperti biasa dan berlaku untuk semua dehidrator pada umumnya. Ada berbagai jenis dehidrator di pasaran: listrik, matahari atau oven surya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here