Resep dan Manfaat Air Kefir

Resep dan manfaat Air Kefir adalah bahasan yang akan kita coba bahas kali ini. Karena air kefir adalah bahan kuno yang diklasifasikan sebagai makanan sehat, karena sifat probiotiknya. Presentasinya yang berbeda dapat memberikan manfaat yang mengesankan bagi tubuh anda, karena memberikan keuntungan tertentu. Di antara berbagai cara mempersiapkan kefir, air kefir menonjol karena persiapannya yang mudah dengan beragam sifat.

Hari ini Howtobeagourmand.com akan memberi tahu Anda segalanya, tentang makanan probiotik ini dan beserta resep dan manfaat air kefir.

Apa itu air kefir?

Untuk mendefinisikan air kefir, perlu berbicara tentang kefir secara umum. Jadi apa kefir? Kefir disebut butiran yang membantu memfermentasi minuman tertentu (susu segar, air gula atau teh) dan produk yang diperoleh setelah fermentasi, yaitu susu, air dan teh. Dengan cara ini, kita melihat bahwa air kefir adalah minuman yang difermentasi dengan nodul kefir.

Semua minuman yang dibuat dengan kefir dianggap prebiotik dan, meskipun biasanya dibuat di rumah, Anda juga dapat menemukannya dalam versi komersial, khususnya di toko-toko khusus makanan dan kesehatan.

Jenis kefir

Seperti yang telah kami sebutkan, ada tiga jenis kefir yang ada:

  • Air Kefir
  • Susu Kefir
  • Teh Kefir

Bagaimana membedakan mereka di antara mereka? Bagaimana cara mengetahui apakah itu teh atau air kefir? Perbedaan antara air kefir, teh kefir, dan susu kefir adalah bahwa dua yang pertama adalah minuman sehat, sedangkan yang kedua, meskipun terlihat seperti minuman, sebenarnya adalah makanan (sangat bergizi). Namun, ketiga produk melewati proses fermentasi yang sama dan semua memenuhi fungsi obat, sehingga penggunaannya harus diberi dosis.

Untuk apa air kefir?

Air kefir digunakan untuk menurunkan berat badan, mendetoksifikasi tubuh, melindungi sistem kekebalan tubuh Anda dan mengatur pencernaan Anda. Karena semua alasan ini, air ini adalah minuman yang sangat populer dan diminati di seluruh dunia, karena minuman ini memiliki manfaat dan sifat penting yang akan kita lihat di bagian selanjutnya.

Apa itu air kefir dalam resep dan manfaat air kefir

Untuk bagiannya, susu kefir juga mendetoksifikasi, merawat sistem kekebalan tubuh Anda, melindungi mikrobiota Anda, membantu Anda mencerna lebih baik, mencerna susu untuk Anda dan memberi makan Anda. Oleh karena itu, mudah untuk mengganti kedua jenis kefir.

Resep dan Manfaat Air Kefir

Mengekspos manfaat kefir dalam beberapa baris agak sulit, namun, berikut ini adalah manfaat dan sifat paling menonjol dari air kefir:

  • Melindungi mikrobiota usus karena kondisi probiotiknya. Ini meregenerasi flora bakteri, sehingga menghindari banyak penyakit antara lain, masalah pencernaan, sembelit, diare, candiasis.
  • Ai ini memiliki sifat antibiotik dan antibakteri, karena kefir melepaskan asam lemak organik yang berfungsi untuk mengekang aktivitas agen infeksi, jamur, virus dan bakteri.
  • Menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ada penelitian yang membuktikan manfaatnya, namun, bagaimana hal itu terjadi masih belum diketahui.
  • Menghindarkan gangguan pencernaan. Bergantung pada waktu istirahat yang digunakan untuk membuat air kefir, air ini dapat ditingkatkan khasiatnya dalam melawan sembelit atau diare. Jika Anda membutuhkan pencahar, biarkan butiran kefir beristirahat selama 24 jam. Sebaliknya, jika Anda membutuhkan tindakan astringen, tunggu lebih dari 24 jam untuk membantu meningkatkan keasaman kefir.
  • Air kefir membantu memurnikan tubuh karena meningkatkan transit usus, karena itu menjaga bakteri tubuh tetap sehat.
  • Melindungi sistem kekebalan tubuhkarena ia merawat mikrobiota usus.
  • Mendukung penurunan berat badan. Air ini meningkatkan pencernaan, membantu metabolisme lebih cepat, melawan sembelit, mengontrol kadar gula darah dan mengandung beberapa kalori.

Resep Cara membuat air kefir:

Untuk berhasil menyiapkan air kefir buatan sendiri, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan 2 hal utama:

  • Pertahankan kebersihan yang cermat dalam peralatan yang Anda gunakan. Jika Anda bisa, sebaiknya alat yang anda gunakan untuk membuat air kefir ini hanya untuk mempersiapkan kefir.
  • Hindari peralatan logam. Nodul kefir, serta air kefir, mengandung pH asam dan dapat bereaksi terhadap logam.

Setelah kedua hal ini dipertimbangkan, Anda dapat mulai membuat kefir buatan sendiri, prosesnya sangat mudah dan cepat, Anda hanya perlu mengikuti resep membuat air kefir ini langkah demi langkah.

Material

  • 2 stoples kaca besar (mulut lebar dan dengan tutup)
  • 1 serbet, handuk atau saringan kopi (sangat bersih)
  • 1 karet (garter)
  • 1 saringan plastik
  • 1 mangkuk (plastik atau gelas)
  • 1 sendok (kayu atau plastik)

Bahan

  • 2-3 sendok makan butir kefir terhidrasi
  • 3 sendok makan gula merah
  • ½ liter air mineral bebas klorin (jumlahnya bervariasi dalam beberapa resep, antara 1 liter atau ¾ liter)

Proses membuat air kefir

  1. Masukkan gula ke dalam stoples.
  2. Tambahkan air mineral pada suhu kamar dan aduk.
  3. Tambahkan nodul kefir.
  4. Tutup toples menggunakan serbet dan karet.
  5. Simpan bahan ini di tempat gelap, tempatkan di area dapur atau laci yang biasanya tidak Anda buka. Biarkan selama satu hari penuh jika Anda ingin air kefir yang lembut dan bisa digunakan untuk pencahar atau 36-48 jam jika Anda lebih suka fermentasi yang lebih fermentasi, yaitu kefir astringen.
  6. Setelah beberapa waktu, saring kefir dan simpan nodul di wadah kaca lain untuk menyiapkan lebih banyak air kefir.
  7. Tutup tabung air kefir dan simpan di lemari es.
  8. Untuk meningkatkan rasanya, Anda dapat mengonsumsi air kefir dengan irisan lemon atau buah dan daun mint.

Sangat mudah bukan! Sekarang Anda tahu bagaimana menyiapkan air kefir, jadi Anda hanya perlu meminta seseorang untuk memberi Anda nodul.

Tip: Untuk membuat air kefir bebas gula, ganti gula dengan kismis, kurma, atau sirup agave.

Bagaimana cara membuat air kefir

Cara minum air kefir

Sekarang setelah Anda tahu cara membuat air kefir, saatnya anda mengetahui cara meminumnya. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari probiotik ini, hal terbaik untuk dilakukan adalah secara bertahap membiasakan flora usus Anda dengan bakteri baru yang disediakan oleh kefir air. Karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi dosis yang tepat, yang bisa anda lihat pada keterangan di bawah ini:

  • Dosis kefir air untuk pemula dianjurkan minum 300 ml setiap hari, dibagi menjadi dua bagian (150 ml masing-masing). Anda dapat meminum satu gelas di pagi hari dan gelas lainnya di sore hari.
  • Segera setelah Anda melihat perubahan pertama (terutama dalam sistem pencernaan Anda), naikkan dosis menjadi 500 ml setiap hari, diminum tetap dalam dua porsi (masing-masing 250 ml), yaitu 2 gelas dalam sehari.

Kontraindikasi air kefir

Jika Anda meminum air kefir dalam jumlah sedang, kecil kemungkinan efek sampingnya akan langsung muncul, tetapi selalu ingat bahwa ini adalah minuman obat.

Jika karena alasan tertentu Anda melebihi konsumsi air kefir, itu dapat menyebabkan kram atau bahkan sembelit. Ingat, jika Anda menderita gangguan pencernaan, sebelum mengkonsumsi minuman ini Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Dalam kasus sembelit dan minum minuman ini sebagai pencahar, Anda harus tahu bahwa ada lebih banyak minuman yang dapat membantu Anda.

Bagaimana cara menghemat air kefir

Saay anda sudah memiliki air kefir dan anda bertanya pada diri sendiri, bagaimana cara menghematnya? Idealnya, konsumsilah sesegera mungkin, karena semakin segar, semakin baik khasiatnya bekerja. Adapun nodul kefir, karena mereka adalah dasar dari persiapan kita (budidaya), kita harus melestarikannya. Namun, jangan panik, pekerjaannya sangat mudah dan di bawah ini kami membagikan beberapa kiat utama untuk melakukan tugas konservasi dan proses mengistirahatkan nodul kefir ini:

Pembersihan nodul kefir secara teratur:
  • Cuci nodul dan wadahnya 1 kali seminggu, menggunakan air hangat tanpa klorin. Kemudian biarkan mereka terendam di air mineral selama 12 jam.
  • Simpan hanya nodul sehat. Jika Anda melihat ada nodul yang berubah kekuningan, buang saja.
  • Anda dapat membeli nodul di toko makanan atau online. Meskipun Anda tidak akan menemukannya di toko makanan, pasti Anda dapat membelinya di tempat-tempat khusus.
  • Jika jumlah bintil berlebihan, buang sisa makanan. Setiap kali Anda menggunakan nodul, mereka juga akan tumbuh, jadi ketika populasi terlampaui, Anda harus menghilangkan sisa makanan. Anda dapat memberikannya kepada seseorang yang ingin memulai kultivasi sendiri.

Cara menjaga dan melestarikan air kefir

Jika Anda harus pergi selama beberapa hari:
  • Jika Anda bepergian selama 3-4 hari, bersihkan nodul seperti biasa tetapi biarkan dalam air gula di lemari es.
  • Jika Anda pergi selama berbulan-bulan, bersihkan nodul seperti yang biasa Anda lakukan, tiriskan, keringkan dan bekukan. Jadi mereka bertahan selama berbulan-bulan sampai Anda ingin menggunakannya lagi. Pada saat ini, Anda harus perlahan-lahan mencairkannya dan merehidasinya dengan air mineral dan gula beberapa hari sebelum memulai siklus lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here